cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)" : 5 Documents clear
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Flipbook Maker untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Yulia Wilki Rahayu; Erianjoni Erianjoni
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i1.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sawahlunto dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Researce and Development), model pengembangan yang dipakai yaitu 4D (define, design, develop dan disseminate). Hasil penelitian berdasarkan analisis angket validitas oleh ahli media memperoleh rata-rata 0,83 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”, hasil analisis angket validitas oleh ahli materi memperoleh rata-rata 0,88 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”. Hasil angket praktikalitas guru memperoleh rata-rata 0,85 yang masuk ke dalam kategori “sangat tinggi”. Sedangkan hasil analisis angket peserta didik memperoleh rata-rata 0,80 yang masuk ke dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian, hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran sosiologi berbasis flipbook maker untuk peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Sawahlunto yang dihasilkan valid dan praktis.
Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Rahma Violla; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i1.144

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring. Demi terlaksananya proses pembelajaran yang mampu mencapai tujuan pembelajaran, perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang menunjang proses pelaksanaan pembelajaran. Salah satu bentuk media yang dikembangkan adalah media pembelajaran E-Booklet. E-Booklet merupakan buku saku berbasis elektronik yang menarik dan mudah dipahami siswa. Penelitian ini memaparkan efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Booklet dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen dengan pretest and posttest control group design. Penelitian ini didasarkan pada teori konstruktivisme yang melibatkan kemampuan aktif siswa dalam mengkonstruksi makna dan pengetahuan melalui media pembelajaran E-Booklet. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh pretest dengan rata-rata 75 dan postest rata-rata 95,83, sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Booklet. Kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan hasil sig <0,5. Hasil tanggapan responden mengenai keefektivan media E-Booklet memperoleh skor 88,31%, hal ini berarti media E-Booklet efektif digunakan saat pembelajaran daring.
Pengembangan Video Blogging Dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Dinda Paramitha; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i1.146

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pengembangan video blogging sebagai media pembelajaran sosiologi, serta untuk mengetahui kelayakan media video blogging pelajaran sosisologi dengan topik bentuk integrasi sosial dan faktor pendorong integrasi sosial yang dikembangkan berdasarkan respon siswa, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media video blogging (vlog) sebagai media pembelajaran sosiologi. Jenis penelitian menggunakan pengembangan Reseach and Development dengan menggunakan model 4-D yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media video blogging pada mata pelajaran sosiologi sangat layak digunakan, terbukti dari penilian ahli materi terhadap media video blogging dengan nilai 63 % dengan kategori baik. Penilaian validasi media terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu 93% dengan kategori sangat baik. Penilaian praktikalitas guru terhadap media pembelajaran yaitu 83 % dengan kategori sangat baik, dan penilaian tanggapan siswa terhadap media adalah 48 % dengan kategori cukup baik. Secara keseluruhan media pembelajaran berbasis video blogging dapat dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran tatap muka sekaligus daring. Pengembangan media video blogging dapat meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa diperoleh Sig (2-tailed) yaitu 0,01, yang dinyatakan bahwa ada perubahan hasil belajar belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video blogging.
Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran Sosiologi untuk Mengukur Keterampilan Siswa SMA Radiyah Muhsin Mubarikah; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i1.150

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian produk untuk mengukur keterampilan siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sosiologi kelas XI SMA, yang validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen penilaian produk dihasilkan setelah melalui 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan dengan teknik wawancara dan observasi lapangan yang dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banjarnegara. Pada tahap perencanaan dilakukan penyusunan draft instrumen penilaian produk, serta ditentukan langkah-langkah yang ditempuh pada pengembangan instrumen penilaian produk. Pada tahap pengembangan dilakukan penyempurnaan draft instrumen penilaian produk berdasarkan saran, masukan, dan komentar dari ahli. Instrumen penilaian produk yang dikembangkan terdiri dari 3 aspek yaitu aspek persiapan pembuatan video, proses pembuatan video, hasil produk video, dengan pembobotan 40% pada tahap perencanaan, 30% pada tahap proses, dan 30% pada tahap pelaporan (penilaian). Kevalidan instrumen penilaian produk termasuk pada kriteria sangat baik dan memiliki koefisien sebesar 0,86. Sangat praktis dengan persentase 88%, dan efektif. Oleh karena itu, instrumen penilaian produk memenuhi kriteria kualifikasi yang baik, valid, dan reliabel sehingga layak digunakan.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Kelas X SMA Berbasis Discovery Learning Dian Nurhayati; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i1.152

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tercapainya penguasaan materi pada peserta didik dan kurangnya sumber belajar yang tersedia di sekolah. Metode yang digunakan oleh gurunya juga masih berupa metode ceramah (techer centered) yang hanya berpusat pada guru, sedangkan kurikulum 2013 menuntut peerta didik untuk aktif dalam pembelajaran dan membiasakan peserta didik peserta didika didik untuk terbiasa membangun konsep dalam proses belajar. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan LKPD Sosiologi berbasis Discovery Learning pada materi perilaku Menyimpang untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitasnya. Penelitian ini berjenis R&D, LKPD ini dirancang mengikuti model pengembangan 4 D dan diujicobakan pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Payakumbuh. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan soal. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 1 berjumlah 38 orang. Data dianalisis menggunakan rumus persentase dan Uji T untuk melihat perbedaan skor pretest dan posttest. Penelitian ini dianalisis dengan teori konstruktivistik yang dikemukakan oleh Piaget. Temuan penelitian LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5